Laman

Minggu, 12 Juni 2011

Hukum Kirchoff 1

Hukum Kirchoff merupakan hukum yang paling banyak diterapkan pada rangkaian listrik selain hukum Ohm. Hukum Kirchoff ini menunjukkan hubungan antara arus dan tegangan pada suatu rangkaian tertutup. Hukum Kirchoff ini terbagi dalam 2 hukum, yaitu Hukum Kirchoff 1 yang berhubungan dengan perhitungan arus yang mengalir dalam rangkaian, dan hukum Kirchoff 2 yang berhubungan dengan perhitungan tegangan dalam suatu rangkaian.
Hukum Kirchoff 1:
Hukum Kirchoff 1 berbunyi "Jumlah arus yang masuk ke dalam suatu titik percabangan, sama dengan jumlah arus yang keluar dari titik percabangan tersebut". Penerapan Hukum Kirchoff 1 dapat dilihat pada gambar berikut:

Secara matematis Hukum Kirchoff 1 dapat dituliskan sebagai berikut:
Jadi dapat dilihat bahwa arus listrik yang mengalir masuk pada suatu titik akan sama dengan arus yang keluar dari titik tersebut sehingga jumlah arus nya tetap.
Contoh :
Jika arus I1, I2,I3 mengalir memasuki titik cabang T dan arus I4 yang keluar dari titik T 3 Ampere, maka berapa besar arus I5 yang keluar dari titik T jika berturut-turut I1,I2,I3 bernilai 3 Ampere, 6 Ampere, dan 8 Ampere???
Jawab:
Arus Masuk total = I1 + I2 + I3
= 3 Ampere + 6 Ampere + 8 Ampere
= 17 Ampere
Arus Keluar = 3 Ampere + I5
Sesuai Hukum Kirchoff 1 maka: Arus masuk total = Arus Keluar
17 Ampere = 3 Ampere + I5
I5 = 17 Ampere - 3 Ampere
I5 = 14 Ampere

0 comments:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites