Laman

Jumat, 01 Juni 2012

Dioda


Dioda merupakan komponen semikonduktor yang banyak digunakan dalam rangkaian elektronika. Dioda memiliki karakteristik transfer arus yang berbeda. Dioda dibuat dari bahan semikonduktor Silikon atau Germanium. Fungsi dioda yang paling umum adalah sebagai penyearah arus listrik karena sifat dari dioda adalah menyalurkan arus listrik dalam satu arah dan menghambat arus yang mengalir dari arah yang sebaliknya.
Dioda memiliki dua kaki yaitu anoda yang berpolaritas positif, dan katoda yang berpolaritas negatif.
Simbol dari komponen dioda sebagai berikut:
  (Sumber : http://jcwinnie.biz/wordpress/imageSnag/DiodeSymbol.png)
Pada gambar diatas, kaki yang bertanda positif adalah anoda, dan yang bertanda negatif adalah kaki katoda.
Agar pemasangannya tidak terbalik, pada komponen dioda terdapat penanda kaki katoda berupa gelang warna hitam atau perak pada badan komponen seperti pada gambar berikut:
Sumber : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi2HDQkfRRcaHzz2uHKU5ztzuZcjrmEf6-6fnqn6cioSNaNKCdiXmHVkUWfGTuQ8uvjfJiRsFT9N2Fqy1mIniYjy7j6Uk_WyaOTVBWw5YPHMtrySM_hzjpvYphYx_e5Yp91KV7QfJh-9ks/s1600/dioda+termonik.jpg

  (Sumber:http://electronicsscience.files.wordpress.com/2011/05/dioda-schottky-bat85.jpg)
Selain berbentuk seperti gambar di atas, dioda juga memiliki bermacam bentuk tergantung dari spesifikasinya:
  (Sumber : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjiXVSUax1gJpf-PPjKdakYtAQsNAjmQCT4A3LgcPTJIEOT3dIslcch5CUyPuX0nQSghCGlmA4zRnQh_vSmx83a5FdXdEipj7rBoCSKYuEyO52l2qQ5_v6HtQcIXCk6hJjvYg3FCC9k1JNX/s320/diode-photo.jpg)
Pembiasana Dioda
Pembiasan merupakan pemberian tegangan pada dioda, ada dua macam pembiasan yaitu:
  1. Forward Bias: Forward Bias atau panjar maju merupakan pemberian tegangan pada dioda yang sesuai dengan polaritasnya. Pada forward bias, tegangan antara kaki anoda dan katoda disebut tegangan Threshold Voltage atau Knee Voltage. Besar tegangan threshold ini tergantung pada jenis diodanya, antara 0,2V atau 0,7V tergantung dari jenis diodanya. Jika tegangan tidak mencapai tegangan threshold maka arus belum bisa mengalir.
  2. Reverse Bias: Reverse Bias atau panjar mundur merupakan pemberian tegangan pada dioda yang tidak sesuai dengan polaritasnya. Jika dalam kondisi ini, arus tidak akan mengalir atau ditahan oleh dioda. Akan tetapi, dioda memiliki batas maksimal tegangan untuk reverse bias ini, yang disebut breakdown voltage. Jika melebihi batas breakdown voltage maka dioda akan dipaksa untuk menyalurkan arus atau dikatakan dioda short.
Grafik Karakteristik Dioda
(Sumber : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6YV0VEX1HF3B2xoBcntiHPEd_Y7XistyjQw0xyXIDGViA_LGf1ZsXModlKgrEi9VHK9tdbDqzt0rJXsZAcsaPCGsFDxmkqKd9G1XVqfMO5QzMmi_VmmSUp7wlaZsAyv1sb_8cwCNRVKY/s1600/untitled.JPG)
Macam-macam Dioda
Ada berbagai macam jenis dioda yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Pemilihan jenis dioda disesuaikan dengan penggunaannya dalam rangkaian. Gambar simbol dari bermacam dioda diantaranya dapat dilihat disini

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites