Laman

Rabu, 25 Mei 2011

Konsep Kelistrikan (1)

Energi listrik merupakan energi yang sangat penting dan vital bagi kehidupan manusia. Hampir di setiap lini kehidupan manusia mempergunakan energi listrik. Hingga kini energi listrik menjadi kebutuhan utama bagi kehidupan manusia.
Listrik merupakan energi yang berasal dari pergerakan elektron yang terkandung didalam atom. Semakin banyak elektron yang bergerak/berpindah maka akan semakin besar energi yang tercipta.
Listrik atau dalam bahasa Inggris Electricity berasal dari bahasa latin electron. Electron merupakan bagin dari atom yang memiliki muatan dan orbit di sekeliling inti atom. Seperti terlihat pada gambar berikut (Sumber: http://lifebiochem1.wikispaces.com)

Pada gambar tersebut tampak elektron memiliki orbit di luar inti atom. Setiap ada perpindahan elektron dari satu atom ke atom yang lain maka akan timbul energi.
Jika suatu titik memiliki kelebihan elektron, maka titik tersebut dikatakan memiliki POTENSIAL NEGATIF dan jika suatu titik kekurangan elektron, maka titik tersebut dikatakan memiliki POTENSIAL POSITIF

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites